Monday, May 17, 2010

Masakan ala Sze Chuan di Emperor Hotel, Hongkong

Golden Valley Restaurant, berlokasi di The Emperor Hotel - No.1 Wang Tak Street, Happy Valley, HK; menyajikan masakan khas Sze Chuan yang kaya akan spice dan rasa pedas.
Yang unik dan layak dicoba dari restoran ini adalah sup ikan ala Sze Chuan-nya, rasa pedas nya unik dan kaya akan spice. Ada sejenis biji-bijian yang rasanya menggigit di lidah dan memberi rasa pedas dingin. Sebagai orang Batak asli, saya merasa spice ini mirip dengan rasa bumbu Andaliman yang sering digunakan dalam masakan asli orang Batak. Sayangnya saya tidak bisa mengkonfirmasikan hal ini dengan Chef nya :)
Makan dengan hot pot juga merupakan ciri khas dari restoran ini. Tentunya hot pot nya berbeda dari restoran-restoran lain, karena kuah yang digunakan adalah kuah yang kaya akan spice dan pedas.
Yang luar biasa dari restoran ini adalah sambal hijaunya. Sebagai orang Indonesia yang menggemari sambal, saya cukup mengacungkan jempol untuk sambal hijau di restoran ini. Sambal hijau disini cukup boleh diadu dengan sambal di restoran-restoran yang jago meracik sambal di Indonesia. Sambal ini merupakan alasan utama saya berulang-ulang datang ke restoran ini.
Makan sambal ini dengan nasi putih pun rasanya sudah cukup nikmat.
Sayangnya sambal yang disajikan jumlahnya tidak banyak.
Untuk mengakalinya, siapkan saja uang tip $HK20, panggil pelayannya, berikan tip tersebut, lalu minta tambahan sambal extra. Tidak lama berselang, pelayan tersebut akan membawakan kita sambal hijau dalam jumlah yang memadai dan mantap.
Bagi teman-teman pria, selesai bersantap di restoran ini, boleh dilanjutkan dengan menghabiskan waktu bernyanyi-nyanyi di karaoke yang terdapat di basement hotel ini. Hitung-hitung mengurangi kalori yang sudah banyak dikonsumsi :D

No comments:

Post a Comment